Lama tidak ke Kupang, lama juga sudah tidak mencicipi daging babi asapnya, orang disana menyebutnya Sei babi. Kalau boleh saya bilang, rasanya luar biasa! Sampai-sampai babi guling Bali saya rasa masih kalah dengan kelezatan Sei babi ini. Berbeda dengan Sei yang dijual di supermarket, Sei ini harus saya cari di puncak perbukitan Kupang, karena disanalah Sei babi yang masih segar dibuat. Dan Sei yang disupermarket, tidak mencerminkan rasa Sei babi yang sebenarnya.

Sei Babi Kupang NTT


Proses memasaknya bisa saya bilang sangat sederhana sekali. Daging babi yang sudah dibersihkan, dipotong memanjang. Selanjutnya daging babi tersebut diletakkan diatas bara api yang terbuat dari potonngan kayu pohon kesambi. Tempat pemanggangannya juga terbuat dari batang pohon kesambi. Selama proses memasak Sei, diatas diletakkan daun pohon kesambi juga. Jadi pohon kesambi adalah kunci proses memasak Sei Babi.

Selama proses memasak Sei babi, tidak terlihat ada bumbu lainnya yang biasa digunakan dalam memanggang daging ataupun ikan. Semuanya cukup menggunakan bagian dari pohon kesambi.

1 (satu) jam berlalu. Sei babi pesanan pun tiba. Dari kejauhan aromanya sudah bisa dinikmati, sungguh sangat “mengombakkan” air liur saya. Dari semua bagian daging babi yang telah menjadi Sei babi, bagian tulang iga menurut saya paling nikmat. Karena perpaduan antara daging tipis dan tulang babi, yang telah diasapi dengan bara api dari pohon kesambi, yang membuat saya makan sedikit tidak normal. Kalau dihitung porsi makan saya waktu itu harusnya untuk 3 (tiga) orang big grin

Jadi rindu sama Kupang. Kapan ya kesana lagi?

Search terms:Kupang NTT, SEI BABI, resep sei babi, daging sei, babi asap, daging babi, DAGING SEI KUPANG, resep babi guling, resep babi asap, resep sambal luat, sei babi kupang, kupang, Cara Membuat Daging Sei, resep daging sei, cara membuat sei babi, babi sei, sambal luat, daging babi asap, resep daging babi asap, sei kupang

Tags: ,

Sekolah Internet Indonesia

Related Posts

33 Responses to “Sei Babi – Daging Babi Asap dari Kupang NTT”

  1. Made Gelgel says:

    boro2 ke kupang, tiang ke nusa penida mare ping cepok bli, hehehe

    weh mantap toh bli, perlu dicoba neh…

    blog tiang mule sepi bli, tiang ampun liu nulis

    keep kontek bli nggih

  2. Artha says:

    yami……….. nikmat … [sayang kagak ngajak2]

  3. yudi says:

    yummy, pasti jaen ajan

  4. Adieska says:

    Wah Bli… Kapan2 ajak saya ya happy Ngiler… Kalo di Medan yang terkenal BPK (Babi Panggang Karo) big grin

  5. trisna says:

    bayar royalti bos…!!! saya yg take picture tuch..he..he…btw kapan ke kupang lagi ni sob…?? telp. juragan dulu disana,,, mana bos dedi ya..???

  6. Adek IIn says:

    Sei…??? Jadi Coba Makan Lagi…
    Kapan ya dapat oleh2 dar kupang lagi…??
    he.e.e ngarep banget… hikz.

  7. hariyati says:

    Jg salah,bkn hya sei babi aja yg mantap. Ada sei sapi juga kok yg gak kalah maknyos! Infönya krg lngkap,sei enak dimakan pake sambal LUAT., rawit padi,jrk nipis,daun sipa! Yup! Yamie bgt loh!

  8. [...] kalau mau coba setidaknya kita udah makan, atau setidaknya udah sarapan pagi apa lagi kalo pake sei babi, maknyus….! Karena saya pernah, saking lagi demennya sama Gelato lupa kalo belum makan. [...]

  9. end says:

    Baru makan sei babi… Mantab, bagt… hahahaaaa…
    Puas dibawa pada ketenangan kampung tengah…
    MAKAN BESAR

  10. gwawan says:

    @md gegel: tp USA tiap hari… big grin
    @artha: gimana mau ngajak, kalau lagi sibuk ngempu tongue
    @yudi: jaen san.. kanti ngetel poos ngantosang lebenge puk…
    @adieska: kalo KPK ngk ada ya..??? Kambing Panggang Kecap big grin
    @trisna: sdh ngk boleh kata bos dedi
    @iin: setelah ada projek disana lagi kale
    @hariyati: hehe… krn yg ditraktir cuma sei babi aja, jd ngk tau kalau ada sei sapi juga…
    @end: wah makan sei ngk ngobrol… udah rindu banget nie….

  11. chairul says:

    jangan terlalu banyak makan dagin babi nanti otakx,perbuatannya,nampaknya seperti babi.hahahaha

  12. dhenok sugiarto says:

    hari ini saya jga dpt oleh2 sei babi

    klau mau makan paling enak paki sambal apa ya????????????

  13. merry says:

    hi sobat,,
    aduh. aku kepengen jadinya neh..
    AKu minta tlg di kasih alamatnya di kupang tempat makan sei yang enak di mana.. nanti ku cariin de sampe dapat abis.. ngiler juga denger cerita betapa enaknya.. .oh iya.. aku bulan juli ini kan mau ke kupang dan aku mau mampir makan sei dan buat oleh2 plg ke jkr juga..
    aku tunggu kbr nya sobat..
    thanks a alot ya..

  14. gwawan says:

    @ chairul:
    semasih kita sadar sebagai manusia, sudah seharusnya pemikiran, perkataan dan perbuatan kita tidak seperti babi
    @ dhenok sugiarto:
    kalau tidak salah, sambel luat namanya, sambel khas NTT
    @ merry:
    hallo…
    kalau nama tempatnya, saya lupa. daerahnya itu sekitar daerah atas, masuk ke pedesaan yang lumayan terpencil. jaraknya pun sekitar 1.5jam perjalanan dari kota Kupang, melewati bukit kapur dan setahu saya, tempat ini sangat terkenal, karena banyak pejabat makan disana. atau bisa kontak Om Jhony, beliau supir standby di Hotel Astiti, dulu beliau yang antar saya happy semoga membantu

  15. Kupang boy says:

    Kupang kota NABAS (nasi Babi Spesial) hahahaha…

  16. Gede Wawan says:

    @ Kupang boy:
    wah… boleh share dimana cari nabas kalau di kotanya. tempo hari cuma sempat cicip yg dipedalaman gitu…

  17. victor says:

    Kalo NABAS di OEBA boss dari hotel astiti menuju kearah kota kupang. Tinggal tanya saja.

  18. ihhhhhh makan daging babi gak haram

  19. vonny says:

    bro…..bisa minta gak resepnya buat sei babi…waktu itu sempat nanya gak giman cara buatnya???uenaakkk tenan kalo ngomong soal sei babi tuh hehe

  20. Mike says:

    wah itu bisa kirim ke jakarta ga yah? ngiler nih hehehe…..siapa tau ada yang bisa kirim.

  21. inda says:

    oeeeeee…kapan kau ke kupang wan…?? ckckckckckkkk…sampe jg ke t4 ini ya..recomended place, walopun jalannya ga bagus tp TOP lah… kalo ke kupang calling2 ya… winking

  22. gwawan says:

    @ victor:
    wah baru tahu saya… nice info boss

    @ reza heryawan:
    tidak untuk saya happy

    @ vonny:
    weh.. detail resepnya ngk tau bro.. cm tau garis besarnya saja, seperti yg saya tulis diatas

    @ Mike:
    boleh juga tuh, kalo ada yg bisa delivery big grin

    @ inda:
    udah lama ini mbak.. very recommended place deh, wong katanya tempat langganannya bos2 Kupang big grin

  23. Heman says:

    He he he, tempatnya di Baun (dulunya ibukota kerajaan Amarasi) dari kupang sekitar 25 km, waktu perjalanan sekitar 45 menit dari kota Kupang, arah timur dari jalan Soeharto. Jalan ke Baun, Jl. H. R. Koroh. Tempat sei special dengan pemilik Om Bait Tiran…memang tak ada duanya..Sei plus sambal jeruk dan kecap…wui nyam nyam nyam…kalo sekali makan pasti akan makan lagi….ngga percaya? silahkan dicoba…..

  24. hellen says:

    Saya pernah di kasih oleh kerabat sambal Lu’at & jatuh cinta.
    Gimana ya cara bikin sambal lu’at ?
    Share dong resep nya.
    Tadi saya baca sekilas ?ð? bhn daun sipa , itu apa ya? Tidak pernah dengar di daerah tempat tinggal saya (kediri-jatim).

  25. Nining says:

    Oooiiiii…sekedar info neh utk rakyat di Bali!
    Drpd sibuk ngributin Sei Babi, lebih baik lgs cobain tuh Sei Babi di Warung Om Bai jl teuku umar Denpasar. Rasanya ??? kalah enak ama yg di Kupang. So, bagi yg kepingin ??? perlu jauh2 lg pergi ke Kupang happy

  26. Didy Gultom says:

    I stay in Kupang, nikmatnya Se’i Babi memang tiada duanya happy … Thanks God I don’t haram to eat it… FYI Se’i Babi is now kind of very well known food, till outside Kupang. Many good restaurant selling it nowadays, if you guys come here, I’ll show you around

  27. Astrid Paa says:

    Numpang comment skalian promosi.. Bagi yg sedang berlibur ke denpasar or memang stay di denpasar.. Mampir makan sei babi (asli dari baun Kupang) lengkap dengan sambel luat, tumis bunga pepaya dan sup brenebonnya di Warung 2C Jl Tukad Musi No 5 (sederetan dg gereja Katedral) Denpasar. Telp 0361 7909525. Buka setiap hari jam 11 siang – 9 malam… Dijamin enakkkk!!!!! Terima kasih…

  28. Robby says:

    Di Jakarta sudah ada se’i babi sekarang dengan nama Se’i Pesamggrahan, hubungi 021-7542355 atau 0811188136

  29. yoppy says:

    aku suka daging panggang sei , kirimkan kek kejakarta tongue

  30. yoppy says:

    dirumah aku ada adik angkat aku org kupang loh , aku di bekasi jawa barat , nah kalo mau berteman dengan aku add aja fb aku http://www.facebook.com/yoppy72 (yoppy kliklm)

    pin bb 256c1fe0
    hp 081316546619

  31. Tulisanya sangat BERMANFAAT, semoga usahanya semakin diberikan KESUKSESAN dan BANJIR ORDER. Amin..

    Dari https://www.facebook.com/PusatFashionDiKupang , Jl Panglima Sudirman No 44D Kuenino-Kupang NTT, 0341-86.73.634(OFFICE 1), 0380-83.02.22(OFFICE 2), 081.240.080.042.43(SIMPATI), 085.697.892.741(INDOSAT), 081.945.176.019(XL)

  32. The thing is, in case you’ve authorized a contract with a larger organization for 2 decades and you
    try to stop your deal, you end-up paying a cancelation charge, which for your most element can be extremely pricey.

    Just like the integrated ringers for contact warns there’s also builtin ringers
    for wording signals within the cellular phones aswell.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>